Sunday, May 23, 2010

Berhenti merokok dan menjadi gemar berolahraga sepeda

Merokok memang bisa membuat orang menjadi lebih relax dan tenang di saat beraktivitas maupun di saat bersantai, tetapi merokok adalah kebiasaan kurang baik yang dapat merugikan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Dengan berhenti merokok berarti peduli terhadap kesehatan pribadi maupun kesehatan lingkungan.

Cerita dikit ya om , siapa tau bisa sedikit  membantu.....
Saya dulu perokok yang menghabiskan rokok kurang lebih 1 bungkus per harinya.
Untuk Berhenti merokok harus mempunyai trik yang sesuai dengan kondisi pribadi masing - masing.
Pernah saya berhenti merokok di tahun 2002 dengan cara memuaskan bathin untuk merokok sampai pada titik yang sangat puas.
Jadi misal besok mau berhenti maka hari ini harus dipuaskan merokok sampai bathin mengatakan puas walau hari itu sebelum berhenti menghabiskan 3 bunngkus rokok , tapi besok pagi bangun sudah tidak kenal rokok lagi atau tidak boleh berkeinginan untuk merokok lagi karena dianggap bathin dah puas untuk merokok.
Selang setahun saya berhenti entah mengapa bisa merokok lagi saat pusing lagi banyak pikiran.

Suatu saat saya ada keinginan untuk berhent merokok lagi karena saya punya pikiran bahwa harus hidup sehat karena :
1. Jika hari tua sakit-sakitan , saya bisa merepotkan anak-anak saya .
2. Jika saya tidak sehat maka , semua aktivitas saya bisa terganggu.
3. Jika saya tidak sehat maka saya mengeluarkan biaya yang lebih banyak jika sakit.
4. jika saya berolahraga dan tidak merokok pasti badan akan menjadi lebih nyaman , nafas dan fisik menjadi lebih kuat sehingga saat berolahraga  sepeda menjadi lebih kuat.
5.Dan lain lain
Maka setelah ditimbang dan dipikirkan saya berhenti merokok saat itu juga .
Saat pertama berhenti melewati masa seperti orang linglung , tapi setelah melewati masa itu maka disaat banyak pikiran dan disaat apapun sudah tidak membutuhkan rokok lagi supaya relax / tenang .
Mungkin disaat suntuk bisa mengalihkan dengan refreshing berolahraga sepeda

Semenjak berhenti rokok saya mempunyai byk perubahan positif :
1. Penyakit susah tidur hilang mendadak, dan sekarang rajin bangun pagi.
2. Badan terasa nyaman dan segar dari sebelumnya.
3. Hampir setiap pagi sepedaan, min 3x seminggu ke kantor pakai sepeda, pulang dari kantor olahraga fitnes (jd rajin olahraga )
4. Tidak pernah sakit walau kehujanan atau cuaca apapun, kecuali sakit perut ( kebanyakan makan pedas )........xixixixi.
5. peduli lingkungan dan kesehatan orang lain ( meracuni teman2 perokok utk berhenti merokok dan membuat jd gemar berolahraga sepeda )

Kesimpulan :
1. Kesehatan adalah modal utama dalam beraktivitas (bekerja,berolahraga, refreshing,dll)
2. merokok merugikan kesehatan sendiri dan merugikan orang lain.
3. kesehatan mahal harga nya , untuk menjadi sehat berapa nilai uang tidak masalah , karena uang bisa dcari sedangkan kesehatan hanya bisa dijaga.

Hidup sehat akan terasa lebih nyaman dan indah.....
Good Luck

No comments:

Post a Comment